TULISAN 7 : SOFTSKILL YANG DIBUTUHKAN DALAM DUNIA KERJA

Setelah menimba pendidikan disekolah, siswa/siswi lebih menekankan  pada pengembangan hard skill dibanding softskill. Sementera, yang terjadi di dunia kerja seseorang dituntut mempunya nya soft skill untuk melengkapi kopetensi untuk mampu bersaing dengan para pekerja lainnya. Berikut merupakan kemampuan soft skill yang di butuhkan di dalam dunia kerja, yaitu :

1.     Pentingnya bekerja sama dengan tim
Di dalam sebuah perusahaan salah satu hal yang penting untuk membuat perusahaan maju adalah kerja sama yang antara tim. Ketika bekerja sama dalam tim yaitu untuk mengarah pada satu tujuan yang dicapai perusahaan, sehingga proses untuk mencapai tujuan menjadi lebih efisein. Selain itu, kerja sama tim membuat pekerjaan menjadi lebih cepat selesai. Manfaat lainnya yang diperoleh yaitu adanya ide-ide atau inspirasi yang didapat dari hasil bertukar pikiran dengan anggota lain.

2.     Etika kerja
Didalam dunia kerja sering kali kita melupakan hal-hal kecil seperti pentingnya etika pada saat bekerja. Meski terlihat sebagai hal kecil, namun sebenernya hal tersebut sangat dibutuhkan untuk melengkapi kepribadian seseorang agar memberi kesan positif. Diantarnya yaitu jagalah disiplin diri. Seperti datang kekantor tepat pada waktunya, tidak meninggalkan kewajiban pekerjaan yang diberikan perusahaan, memanfaatkan waktu kerja sebaik mungkin. Selain itu menjalin hubungan baik dengan atasan dan antar karyawan lainnya. Jangan pernah menganggap antar karyawan sebagai saingan atau lawan, karena bisa menciptakan hubungan yang tidak baik sesama karyawan.

3.     Komunikasi yang terbuka
Komunikasi terbuka, baik antar karyawan maupun dengan atasan sangan di perlukan didalam perusahaan agar mengarah pada pembentukan hubungan pribadi yang profesional yang lebih baik. Dengan ada nya komunikasi yang terbuka ditempat kerja, dapat membantu menyelesaikan konflik-konflik seperti perbedaan pendapat antar karyawan. Selain itu juga dapat meningkatkan produktifitas didalam tempat kerja untuk menciptakan keberhasilan di sebuah perusahaan. 

4.     Rasa percaya diri yang baik
Memiliki sikap dan rasa percaya diri yang baik merupakan kemampuan yang diingikan oleh semua orang. Karena banyak orang yang tidak percaya diri atau meragukan kemampuan yang ia punya akibatnya adalah tidak pernah maju, selalu terpuruk dan tidak mau untuk mencoba hal-hal baru yang lebih menantang. Tetapi sikap percaya diri yang berlebihan bisa dianggap sebagai sikap yang angkuh atau sombong atas kemampuan dirinya. Percaya diri yang baik akan menghasilkan tindakan positif seperti tidak merasa cemas, gelisah, minder dan merasa bbas untuk melakukan tindakan yang sesuai keinginan. Selain itu, juga dapat memenuhi tanggung jawab, memiliki tujuan hidup yang baik dan dapat mengetahui kekurang pada diri sendiri kemudian mencari cara untuk memperbaiki nya. Dan mengetahui kelebihan agar terus mengembangkannya.

5.     Kemampuan beradaptasi
Kemampuan beradaptasi dengan lingkungan baru, termasuk dengan orang-orang yang ada di dalamnya akan membantu menghasilkan kinerja yang optimal dan maksimal. Mempunyai sikap ramah pada sesama karyawan dibutuhkan agar terciptanya kemampuan beradaptasi yang baik serta berpikir terbuka seperti menerima pendapat orang lain secara terbuka.

Sumber :
http://imeldadwim.blogspot.co.id/2017/10/softskill-dan-manfaatnya.html

Komentar

Postingan Populer