TULISAN 1 : KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN
MEMPERTAHANKAN KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN
Terciptanya kepuasan dan loyalitas para pelanggan, tentunya menjadi salah satu aset penting dalam menjalankan sebuah usaha. Meskipun ini cukup klise, namun bagaimanapun juga para pelanggan menjadi kunci utama Anda untuk mendulang keuntungan besar setiap bulannya.
Terciptanya kepuasan dan loyalitas para pelanggan, tentunya menjadi salah satu aset penting dalam menjalankan sebuah usaha. Meskipun ini cukup klise, namun bagaimanapun juga para pelanggan menjadi kunci utama Anda untuk mendulang keuntungan besar setiap bulannya.
Puas tidaknya
para konsumen terhadap produk yang Anda tawarkan, pastinya akan memberikan
imbas tertentu bagi perkembangan bisnis Anda. Apabila konsumen mendapatkan
kepuasan dari produk yang Anda pasarkan, bisa dipastikan bila mereka akan
melakukan pembelian ulang di masa-masa yang akan datang. Dan begitu juga
sebaliknya, bila mereka kecewa dengan pelayanan yang Anda berikan, maka tidak
menutup kemungkinan bila mereka akan kapok melakukan pembelian di tempat Anda
dan berpaling ke perusahaan lain.
Karenanya,
agar para konsumen Anda tidak berpaling ke perusahaan lain. Berikut ini kami
informasikan 5 cara mempertahankan kepuasan dan loyalitas pelanggan.
1.
Berikan
perhatian before dan after sales
Sebagian besar
pelaku pasar hanya fokus terhadap penawaran yang akan mereka sampaikan, tanpa
memperhatikan keinginan konsumen. Kesalahan inilah yang sering membuat para
konsumen melakukan penolakan secara langsung terhadap para sales, sebab mereka
menganggap para sales hanya akan berpromosi menawarkan sebuah barang. Karenanya
untuk menciptakan kepuasan konsumen, berikan perhatian khusus kepada para
konsumen baik sebelum terjadi transaksi pembelian maupun pasca pembelian.
Misalnya saja dengan membagikan katalog menarik untuk memancing minat konsumen,
serta memberikan garansi khusus pada produk unggulan yang Anda pasarkan.
2.
Ciptakan
sebuah hubungan yang saling menguntungkan
Dalam
memasarkan sebuah produk, tak jarang para pelaku pasar atau pedagang lebih
mendominasi komunikasi yang terbangun. Mereka memposisikan para konsumen
sebagai pendengar, dan pemasar sebagai narasumber utamanya. Strategi pemasaran seperti
ini tentunya terbilang kuno, sebab sekarang ini para konsumen sudah mulai
cerdas dan bisa menentukan produk-produk unggulan yang bisa memenuhi kebutuhan
mereka. Oleh sebab itu, pastikan hubungan yang terbangun antara konsumen dan
pelaku pasar bisa seimbang dan saling menguntungkan.
3.
Lakukan follow up pasca
penjualan
Untuk
mempertahankan loyalitas pelanggan, ada baiknya Anda mencatat semua customer
yang pernah membeli produk Anda dan mencoba melakukan follow up ulang pasca
pembelian pertama. Meskipun cara ini sangatlah mudah, namun sampai hari ini
belum semua pelaku usaha melakukannya. Biasanya mereka kurang peduli dengan
prospek yang sudah dimiliki, dan cenderung mencari sasaran (konsumen baru)
dibandingkan harus mem-follow up ulang konsumen-konsumen yang
pernah melakukan pembelian di perusahaan mereka.
4.
Tawarkan
program menarik untuk menjaga loyalitas konsumen
Seperti halnya
mall-mall besar maupun pusat perbelanjaan di kota-kota besar yang biasanya
menawarkan program premium atau kartu keanggotaan untuk menjaga loyalitas para
pelanggan. Anda pun juga bisa mencoba program tersebut untuk membangun loyalitas konsumen. Mulailah dengan
menawarkan sebuah keanggotaan atau member khusus yang akan memberikan banyak
keuntungan bagi para pelanggan setia Anda. Misalnya saja menawarkan diskon
khusus bagi para konsumen yang memiliki kartu keanggotaan, atau menawarkan
bonus tertentu bagi para member yang berbelanja cukup banyak di perusahaan
Anda.
5.
Berikan
keuntungan bagi pelanggan setia Anda
Selain
menawarkan program menarik untuk menjaga loyalitas konsumen, Anda juga bisa
menjalin kerjasama dengan para pelanggan setia Anda. Tawarkan peluang bisnis
bagi para konsumen yang bisa memberikan untung besar bagi mereka dan sekaligus
bisa membantu Anda dalam meningkatkan pemasaran produk.
Contohnya saja dengan membuka program reseller untuk para konsumen yang
tertarik memasarkan produk Anda. Strategi ini tidak hanya menguntungkan para
reseller, namun juga mendorong para pelanggan untuk melakukan pembelian
berulang-ulang.
Semoga kelima
tips pemasaran yang telah kita bahas bersama bisa memberikan manfaat bagi para
pembaca dan menginspirasi para pelaku usaha untuk senantiasa membina hubungan
baik dengan para konsumennya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.
Sumber :
https://bisnisukm.com/5-cara-mempertahankan-kepuasan-dan-loyalitas-pelanggan.html
Komentar
Posting Komentar